Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dan Ilmu Fiqih - Pdf
Install Now
Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dan Ilmu Fiqih - Pdf
Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dan Ilmu Fiqih - Pdf

Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dan Ilmu Fiqih - Pdf

Shaykh Abdul Qadir Al Jailani and Science of Fiqh - Interesting Pdf of Your Choice

Developer: Insan Droid
App Size: 20M
Release Date: Sep 23, 2019
Price: Free
Price
Free
Size
20M
Download Apk
Google Play

Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dan Ilmu Fiqih

Perjalanan Hidup
Memasuki tahun 488 H, Baghdad sebagai kota peradaban Islam dan menjadi destinasi para santri masih dibanjiri para pengembara ilmu. Begitu pula yang dilakukan oleh seorang pemuda delapan belas tahun dari daerah Jilan. Di awal tahun tersebut dia datang untuk menimba ilmu dari sumur-sumur Baghdad yang tak pernah kering.

Meski suasana politik abbasiyah sedang tidak stabil, akan tetapi menuntut ilmu tetap menjadi aktifitas yang tak pernah sepi. Kondisi seperti itu tak membuat pemuda Jilan tadi patah semangat. Semangatnya justru kian membara. Ia memulai pengembaraan ilmiahnya dari guru ke guru. Dia memulai terlebih dahulu dengan berguru Al Qur’an.

1. Lahir

Delapan belas tahun sebelumnya, pemuda tadi adalah bayi lucu yang baru saja dilahirkan dari seorang ibu bernama Fathimah putri dari seorang tokoh agama terkemuka di Jilan. Sedangkan ayahnya bernama Abdullah Abu Shalih yang kalau ditarik garis nasabnya ke atas, maka beliau adalah keturunan Hasan ibn ‘Ali, sebagaimana dituliskan oleh Ibnu Hajar, Ibnul ‘Imad, dan As Sya’rani.

2. Menuntut ilmu

Di Baghdad pemuda bernama Abdul Qadir ini berguru dengan beragam masyayikh. Setelah belajar Al Qur’an, ia belajar fiqih hanbali dengan para guru besarnya. Kemudian beliau mendengarkan hadits. Mempelajari sastra. Dan setelah semua itu dirasa matang, beliau menyepi, berkhalwat, berthariqah dibawah bimbingan seorang ulama besar bernama Hammad ibn Muslim Ad Dabbas.

3. Guru-guru
Beliau berguru dengan banyak masyayikh Baghdad. Dalam ilmu fiqih hambali, beliau belajar kepada Abu Said Al Mubarak ibn ‘Ali Al Mukhrami. Madrasah Abu Said inilah yang nantinya akan diwariskan kepada Syaikh Abdul Qadir. Dan kemudian populer dengan nama Madrasah Qadiriyah.

Beliau juga berguru fiqih hanbali kepada Abul Khattab Al Kalwadzani, salah satu murid Al Qadhi Abu Ya’la.

Beliau juga berguru kepada seorang ulama besar Baghdad bernama Abul Wafa Ibnu ‘Aqil, penulis Al Funun yang cukup dalam mengetahui pemikiran muktazilah. Bahkan konon pernah sampai tersesat dalam belantara pemikiran muktazilah dan susah keluar. Walaupun akhirnya berhasil menyelamatkan diri.

Mudah-mudahan Aplikasi ini dapat bermanfaat dan menjadi teman setia setiap waktu, kapanpun dan dimanapun tanpa harus online.

Tolong beri kami Saran dan masukan untuk perkembangan Aplikasi Ini, Berikan Nilai Rate 5 untuk memberi rasa semangat pada kami dalam membuat mengembangkan aplikasi-aplikasi bermanfaat lainnya.

Disklaimer :
Semua isi materi diambil dan merupakan Hak Cipta dari : Rumah Fiqih Indonesia
www.RumahFiqih.com
Show More
Show Less
More Information about: Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dan Ilmu Fiqih - Pdf
Price: Free
Version: 4.0.0
Size: 20M
Content Rating: Everyone
Developer: Insan Droid
Developer Apps
Whatsapp
Vkontakte
Telegram
Reddit
Pinterest
Linkedin
Hide
This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More info. That's Fine